Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


 

INFORMASI KUNJUNGAN STUDI KE KEMENTERIAN KEUANGAN
Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebijakan di bidang keuangan dan kekayaan negara, Kementerian Keuangan menerima kunjungan dari sekolah atau kampus tanpa dipungut biaya. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta kunjungan studi, registrasi kunjungan studi dilakukan secara online melalui www.kemenkeu.go.id/kunjunganstudi.

Prosedur permohonan kunjungan studi:

1. Pemohon kunjungan studi melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu (paling lambat dua minggu sebelumnya) melalui formulir yang terdapat pada bagian bawah halaman ini dengan ketentuan sebagai berikut:
  a. Kunjungan studi dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu pukul 09.00-12.00 WIB di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1 Jakarta Pusat. Hari dan tanggal yang ditampilkan adalah waktu yang masih tersedia
  b. Peserta kunjungan dalam bentuk kelompok dengan jumlah 50 – 150 orang.
  c. Pemohon memilih salah satu di antara topik kunjungan berikut:
   
  • Perekonomian Terkini;
  • Kebijakan APBN;
  • Kebijakan Transfer ke Daerah;
  • Dana Desa;
  • Laporan Keuangan Pemerintah Pusat;
  • Pembiayaan APBN;
  • Kekayaan Negara;
  • Lainnya,…. (sebutkan).
  d. Mengirimkan pesan konfirmasi pendaftaran kepada :
    Gerasela Natalia
    082116996880
    Subbagian Edukasi Publik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi
     
   

Format Konfirmasi Pendaftaran:

  • Nama
  • Nomor Penanggung Jawab / Contact Person yang dapat dihubungi
  • Nama Sekolah / Kampus / Instansi / Organisasi
  • Tanggal Kunjungan Studi
  • Jumlah Peserta
2. Setelah mendaftar secara online, selanjutnya pemohon mengirimkan surat resmi permohonan kunjungan studi (kop surat dengan logo sekolah/kampus) yang ditujukan kepada:

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi
Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.
Gd. Juanda I, Lt. 11,
Jalan Dr. Wahidin Raya No 1
Jakarta Pusat 10710

Surat tersebut memuat:

  • Tanggal kunjungan yang dikehendaki;
  • Jumlah peserta;
  • Penanggung Jawab / Contact Person yang dapat dihubungi (No Tlp/No.HP aktif/email/Fax);
  • Topik yang dipilih.

Surat permohonan kunjungan di-scan dan dikirim melalui email edukasi@kemenkeu.go.id dengan subjek: Kunjungan Studi ke Kemenkeu dari (Nama Sekolah/Kampus)

Kementerian Keuangan berhak menolak permintaan kunjungan apabila tanggal kunjungan yang dipilih telah terisi oleh jadwal kunjungan dari sekolah/kampus lain.

Pada saat berkunjung, peserta wajib untuk:

  • Berpakaian rapi dan sopan
  • Membawa surat balasan kunjungan studi dari Kementerian Keuangan
  • Parkir kendaraan di halaman Kementerian Keuangan
  • Menjaga Kebersihan dan tidak membuat sampah sembarangan
  • Mengikuti kegiatan dengan tertib serta berpartisipasi aktif pada sesi yang diadakan
  • Tidak membawa bingkisan dalam bentuk apapun

Pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan mengisi  berikut.
Untuk melihat jadwal dan status kunjungan,silakan klik berikut.

Informasi lebih lanjut silakan hubungi nomor 021 3449230 ext. 6338 atau 021 3508653 atau email edukasi@kemenkeu.go.id.