Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Sukuk Tabungan

Mengenal Sukuk Tabungan

Sukuk Negara Tabungan (Sukuk Tabungan) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.
#JadiLebihBijak dengan Investasi ST-002.

Karakteristik Sukuk Tabungan

Investasi Anda Untuk Bangsa

Melalui investasi Sukuk Tabungan, Pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada Warga Negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional. Hasil investasi Sukuk Tabungan akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang menjadi investasi untuk merekat jalinan kebangsaan menuju bangsa yang mandiri.

Kesesuaian Syariah Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

8 Keuntungan berinvestasi di Sukuk Tabungan

Imbalan ST-002

Minimal: 8,30% p.a.

Sukuk Tabungan memiliki imbalan mengambang dengan imbalan minimal (floating with floor) sebesar 8,30% p.a dan mengacu pada BI 7 Days Reverse Repo Rate

Mengambang

Mengambang, artinya besaran imbalan Sukuk Tabungan akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Days Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Imbalan Minimal

Imbalan Minimal, artinya tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

 

SIMULASI IMBALAN ST-002

IMBALAN MINIMAL

8,30%

BI 7 Days Reverse Repo Rate (5,75%) + spread 255bps (2,55%)

NAIK

Jika pada bulan Januari 2019 BI 7-DRRR naik menjadi 6,00%, maka pada periode Maret-Mei 2019 imbalan yang berlaku adalah 8,55% p.a.(6,00% + spread 255 bps).
 

TURUN

Jika pada bulan Januari 2019 BI 7-DRRR turun menjadi 5,50%, maka pada periode Maret-Mei 2019 imbalan yang berlaku bukan 8,05% (5,50%+ spread 255 bps) melainkan 8,30% p.a. yang merupakan imbalan minimal.

ST-002 adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas Early Redemption.

Early Redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST-002 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Struktur ST-002

Cara Mudah Berinvestasi ST-002

Berinvestasi pada Instrumen Pemerintah kini kian mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ST-002 di mana saja dan kapan saja secara on-line selama masa penawaran.

4 Langkah Mudah Berinvestasi
ST-002

01. Registrasi

Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis). Memasukan data-data antara lain, data diri, nomor SID* (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, akan dibantu oleh Midis.

*Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID)
SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

02. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan ST-002 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ST-002

03. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

04. Konfirmasi

Setelah pembayaran, Calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ST-002 pada tanggal setelmen.

 

Investasi Sekarang

Pilih Mitra Distribusi Anda!
 

 

Informasi Selengkapnya