Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Kegiatan Duta Transformasi

KEGIATAN DUTA TRANSFORMASI 2017

Talkshow interaktif di Radio Pro 2 RRI Malang

Malang (7/3) Duta transformasi Kelembagaan 2017 bersama  Kanwil DJP Jawa Timur III mendapat kesempatan talkshow interaktif di Radio Pro 2 RRI Malang yang bertempat di jalan candi panggung Malang. Salah satu tujuan dari talkshow interkatif ini adalah untuk mengenalkan Transformasi kelembagaan kepada masyarakat luas, selain itu juga untuk menghimbau agar masyarakat bisa taat pajak dengan melaporkan SPT nya.

Beni Setyawan, Duta Transformasi Kelembagaan 2017, diawal siaran menyampaikan bahwa Transformasi Kelembagaan adalah perubahan yang dilakukan Kementerian Keuangan kearah yang lebih baik. Selain perubahan struktur organisasi , perubahan pelayanaan yang lebih baik adalah salah satu tujuan dari transformasi kelembagaan. Perubahan pelayanan bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Wajib Pajak. Salah satu kemudahan yang dilakukan DJP adalah layanan e-filing, pelaporan SPT Tahunan berbasis online.

Nur Falaq Rachmaningtyas, Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur III menambahkan bahwa DJP sekarang sudah banyak perubahan. Inovasi dilakukan secara terus menerus untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak, efiling adalah sarana pelaporan SPT berbasis online, WP tidak perlu lagi datang dan mengatri untuk melaporkan SPT nya, lebih mudah ,cepat dan efisien. Selain efiling, Tyas juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti program Amnesti Pajak. Perlu diketahui bahwa Amnesti Pajak adalah program pengampunan pajak yang akan berakhir 31 Maret ini.

 

Bincang Transformasi Sekretariat Jenderal

 

Jakarta (14/03) Duta Transformasi Sekretariat Jenderal 2017 berkesempatan untuk dapat bersinergi dengan Bagian Manajemen Sistem Informasi dan Edukasi Publik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi dalam acara Bincang Pagi Kemenkeu pada Rabu (08/03) di Lobby Djuanda II Kementerian Keuangan untuk mensosialisasikan program Transformasi Kelembagaan Kemenkeu. Peserta acara berjumlah kurang lebih 25 orang yang berasal dari lintas Unit Eselon I di lingkungan Kemenkeu, yang mana didominasi oleh Gen-Y.

Materi yang disampaikan difokuskan pada overview program Transformasi Kelembagaan dan Inisiatif Strategis pada Tema Sentral, antara lain Penguatan Budaya Kemenkeu, Penguatan Kompetensi SDM melalui Corporate University, Kemenkeu Leaders Factory, dan Integrasi Kebijakan Fiskal. Materi disampaikan secara bergantian oleh Duta Transformasi (Citra Handayani, Krishna Pandu, Rina Maharani, Tri Susilo, Niczen Henry, Hafizullah Lubis, dan Nur Muhlisin).

Pada akhir sesi, peserta diuji pemahamannya tentang program Transformasi Kelembagaan melalui games kahoot.it yang seru dan berhasil menarik animo peserta. Hasil yang unik didapatkan dari jawaban atas pertanyaan terakhir games kahoot.it tersebut, sebagian besar peserta menjawab setuju untuk ikut serta dalam membantu menyebarluaskan informasi program Transformasi Kelembagaan, dan terdapat dua orang yang menyatakan resistensinya terhadap perubahan yang terjadi di Kemenkeu.

Kedepannya, pegawai diharapkan dapat menyebarkan informasi sedikit demi sedikit kepada rekan kerjanya di unit masing-masing. Jangan pernah berhenti memberikan masukan dan mendukung Kementerian Keuangan menuju perubahan yang lebih baik.