Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Latar Belakang

Latar Belakang - RB Lanjutan

 

Refomasi Birokrasi (RB) yang dipelopori Kementerian keuangan telah meletakkan dasar yang kokoh bagi Kementerian Keuangan untuk melanjutkan dan memperdalam proses RB melalui program Transformasi Kelembagaan (TK). Sejak Tahun 2002-2006 telah banyak perbaikan-perbaikan yang dilakukan Kemenkeu, Hingga pelaksanaan RB secara massif (2007-2009) Kemenkeu terus berbenah diri.

Tantangan kedepan Indonesia dinilai berpotensi menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketujuh di dunia, mengalahkan Jerman dan Inggris dan hanya berada di bawah China, Amerika Serikat, India, Jepang, Brasil dan Rusia (Dalam The Archipelago Economy : Unleashing Indonesia’s Potential – McKinsey).

Sebagai pelaku utama penggerak pertumbuhan perekonomian, Kemenkeu tidak tinggal diam. Kemenkeu menilai tantangan ini tidak bisa dilakukan tanpa terobosan yang lebih besar. Untuk itu Kemenkeu meluncurkan program TK (Tahun 2013-2025).

Program TK direncanakan dan dilaksanakan dengan hipotesis bahwa proses perubahan organisasi Kemenkeu yang telah dilaksanakan selama ini perlu dan harus terus ditingkatkan kualitas dan konsistensinya dalam rangka mencapai visi Kemenkeu, yaitu menjadi ‘penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif di abad ke-21’.